Sabtu, 05 Februari 2011

Anambas Bakal Jadi Surga Wisatawan Internasional

Wisatawan manca negara lebih menyukai pantai berpasir, laut indah dan pulau-pulau yang masih perawan. Semua itu tersedia melimpah di kepulauan Anambas, provinsi Kepulauan Riau di perbatasan utara Indonesia dengan negara tetangga.

Ditambah lagi, posisi Anambas dekat dengan pelabuhan tersibuk di dunia yaitu Singapura. di sebelah utara juga dekat dengan gugusan kepulauan Spratley atau Luconia yang masih disengketakan beberapa negara Asia Tenggara dan Asia Timur yaitu China, Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam dan China Taipei.


Di Anambas, sebut saja Pulau Bawah yang terdiri dari empat gugusan pulau kecil dengan luas keseluruhan 99,739 hektar. Gugusan pulau ini bisa ditempuh dari Tarempa butuh waktu sekitar 7 jam bila menggunakan alat transportasi pompong (perahu bermotor). Sedangkan menggunakan speed boat hanya butuh waktu 4 jam saja sudah bisa menikmati berpetualang di laut seperti Diving, Snorkling, Fishing dan Swimming di pantai alami.

Kabupaten Anambas yang baru berusia 2 tahun sejak mekar dari Kepulauan Natuna sangat kaya potensi alam dan wisata natural kesukaan wisatawan dalam dan luar negeri.

"Namun sangat disayangkan, potensi wisata tersebut belum dipublikasikan secara baik. Dibutuhkan kepedulian dari para stakeholder yang bergerak di bidang pariwisata dan pihak terkait guna mengoptimalkan pengembangan potensi wisata yang ada,” kata Pengusaha Perikanan Hidup Daerah Kabupaten Anambas , Ahong di Anambas, beberapa waktu lalu.

Ketika penulis menelusuri keindahan dan kekayaan wisata Anambas, bersama Nasrul Arsyad, tokoh pemuda tempatan yang juga staf khusus Bupati Anambas Drs Tengku Muktaruddin.

Penulis mengunjungi Pantai Pasir Manang yang berada di daerah Tanjung Momong, sebagai satu diantara puluhan bahkan ratusan pantai indah yang dimiliki Anambas. Pantai ini memiliki keindahan panorama yang eksotis. Hamparan pasir putih membentang serta bentangan gugusan pulau-pulau yang yang tertata rapi benar-benar memanjakan mata yang memandang.

Untuk menuju pantai Pasir Manang, bisa ditempuh dari Kota Tarempa di Anambas yang kini sudah menjadi kawasan tujuan wisata lokal. Setiap akhir pekan atau hari libur, Pantai Pasir Manang dipadati pengunjung.

Hamparan pasir putih dengan pantai biru berkilau lembut memantulkan sinar matahari sore hari yang hangat. Ombak perak bergulung-gulung. Hembusan angin sore melambaikan daun-daun jajaran nyiur yang memagarinya. Luar biasa indahnya.

Air laut di sini bening dan bersih, dipadu dengan deburan ombak yang memainkan irama alam, menjadikan masa-masa berwisata di tempat ini penuh makna. Sangat cocok pula untuk dijadikan lokasi wisata keluarga. Ditambah lagi, keberadaan kapal-kapal kecil nelayan yang hilir mudik membawa hasil tangkapan, tak jauh dari lokasi pantai yang membuat suasana semakin eksotik.

Selain itu terdapat pantai yang berada di Kecamatan Jemaja dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua selama 30 menit dari Letung, ibukota Kecamatan Jemaja. Pantai ini memiliki panjang lebih dari 7 kilometer membentang sangat indah. Belum ada investor yang menggaram potensi yang sangat besar ini.

Pasirnya sangat landai dan bentangannya lebar sehingga sering digunakan masyarakat untuk lomba bola volley pantai bahkan motor cross. Bentuk pantai yang melengkung, dikelilingi perbukitan dan perairannya tenang sehingga kerap digunakan sejumlah kapal nelayan untuk tempat berlabuh. Pada saat-saat tertentu sering digelar pentas hiburan seperti kesenian dan pemutaran layar tancap.

Sedangkan di Pulau Penjalin salah satu pulau yang terletak di Kecamatan Palmatak. Pemandangan alamnya indah berhias pulau-pulau mungil di sekitar perairannya. Pantainya berpasir putih dan lembut, sangat cocok untuk tempat berjemur dan melakukan bermacam aktifitas pantai lainnya.

Perairannya tenang, berair biru dan dihiasi bermacam ornamen bebatuan bermacam bentuk dan ukiran. Sangat cocok sebagai tempat olahraga air seperti menyelam, snorkeling, renang maupun bersampan. (editor wid)

Sumber :
Riky Rinovsky
Wartawan Perbatasan Utara Indonesia
http://www.tribunnews.com/2010/12/10/anambas-bakal-jadi-surga-wisatawan-internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar